Percetakan ID Card Plus


Cetak dan produksi id card, smart card, tali id card, nama dada, gantungan kunci


Radio Frequency Identification (RFID)

 

RFID atau radio frekwensi identifikasi adalah radio frekwensi medan magnet elektromagnetik yang digunakan sebagai alat untuk mentransfer data tanpa kontak nirkabel untuk keperluan pengidentifikasian secara otomatis yang melacak tag yang melekat pada sesuatu objek. Tag yang dimaksud adalah tag yang berisi informasi yang disimpan secara elektronik. Ada beberapa tag yang dapat membaca pada jarak yang tidak begitu jauh (beberapa meter) melalui medan magnet ( induksi elektromagnetik ). Selain itu ada tag yang menggunakan sumber daya lokal seperti baterai atau yang lainnya tidak menggunakan baterai tetapi mengumpulkan energi dari medan yang menginterogasi EM dan kemudian bertindak sebagai transponder pasif untuk memancarkan gelombang mikro atau gelombang radio UHF radio (yaitu radiasi elektromagnetik pada frekuensi tinggi). Tag bertenaga baterai ini dapat beroperasi pada jarak ratusan meter. Jika dibandingkan dengan barcode, tag tidak selalu harus berada dalam garis pandang pembaca dan tag dapat ditanam di dalam objek yang akan dilacak.

Tag RFID telah digunakan pada banyak perusahaan dan industri. Sebuah tag RFID ditempatkan atau dilekatkan pada sebuah mobil yang dapat digunakan untuk melacak ketika dalam perakitan. Perusahaan farmasi dapat dilacak melalui gudang. Peternakan dan binatang peliharaan mungkin dapat saja dilakukan dengan cara menyuntikan tag tersebut pada binatang tersebut dan ini memungkinkan untuk dapat mengidentifikasikan seekor binatang.

Karena tag RFID dapat "disimpan" pada pakaian dan benda lainnya atau bahkan dapat "ditanam" pada tubuh manusia akan menimbulkan kekhawatiran masalah privasi jika tidak ada peraturan dan persetujuan sebab akan ada kemungkinan untuk pembacaan informasi data pribadi.

 

RFID dapat bekerja lebih praktis ketimbang barcode

Kelebihan dari RFID dengan perangkat yang lainnya yaitu perangkat RFID tidak perlu diposisikan tepat pada alat pembaca tag. Coba bandingkan dengan cara pembacaan barcode yang harus tepat pada scanner atau kartu kredit dan kartu atm yang perlu digesek pada card reader yang khusus.
Tidak demikian dengan RFID, perangkat RFID akan bekerja dalam beberapa meter (hingga 20 kaki untuk perangkat frekuensi tinggi) dari perangkat pembaca. Misalnya, Kita bisa menempatkan semua belanjaan kita atau semua pembelian di dalam tas setelah itu kita dapat mengatur tas tersebut dengan perangkat pembaca pada jarak tertentu. Dengan demikian akan memudahkan perangkat RFID untuk dengan cepat menjumlahkan pembelian Anda tanpa harus mengeluarkan belanjaan anda.

sumber: http://www.technovelgy.com dan http://en.wikipedia.org